Selasa, 25 Oktober 2011

Analisa


BAB IV
ANALISA
            Setelah mempelajari dan melakukan observasi, saya menganalisa bahwa saya akan menggunakan bahan baku platinum dan berlian sebgai bahan baku utama saya. Dikarenakan, platinum dan berlian merupakan material yang memiliki nilai estetik dan daya tahan yang tinggi. Dan sangat cocok untuk penggunaan bahannya didalan cincin kawin yang akan saya buat nantinya.
            Platinum adalah logam mulia yang sangat kuat dan rentan akan goresan yang dapat melunturkan warna. Hal ini eberlaku untuk Platinum yang memiliki kadar PLAT900IRD dengan komposisi 90% Platinum dan 10% Iridium. Hal ini juga lah yang membuat platinum tahan akan karat, sehingga warna platinum tidak akan menghitam dan tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif. Apabla cincin kawin menggunakan bahan material ini sebagai band nya, makan cincin ini tidak akan membengkok jika telah lama digunakan, dan tetap akan memiliki pola yang sama seperti baru di beli. Warna platinum yang putih alami juga sangat cocok untuk menandakan pernikahan yang putih suci dan sakral.
            Setelah penelitian dan study kasus, saya mendapatkan keputusan dalam pemilihan batu yang cocok untuk cincin pernikahan yang akan saya desain, yakni menggun akan batu permata berlian. Dikarenakan berlian adalah batu berharga yang paling kuat, tahan gores dan memiliki kemilau terindah disbanding batu permata lainnya. Sehingga, berlian sangatlah cocok dipasangkan pada cincin pernikahan yang akan digunakan sepanjang waktu.
            Platinum dan berlian adalah komposisi yang sangat menawan dan elegan apabila disatukan. Karena kedua bahan baku ini adalah bahan baku yang paling kuat di masing-masing kelasnya dan memiliki standart kualitas tertinggi. Hal ini yang akan memberikan daya tarik sendiri setelah bentuk desain yang akan saya kreasikan.
            Dalam pembuatan perhiasan ini, saya akan mengusung tema modern dengan aliran art deco sebagai titik acuan desain saya.  Saya memilih art deco dikarenakan art deco adalah seni dekoratif yang merupakan perpaduan dari kubisme, art nouveu, modernism, futurism dan konstruksionisme. Aliran yang kaya akan seni dan desain ini akan memberikan suatu warna tersendiri nantinya dalam desain saya selanjutnya.
            Dalam hal kelas social dan target pasar saya, saya akan menargetkan para konsumen kelas atas, dikarenakan bahan perhiasan saya yang eksklusif dan memiliki target penjualan dengan harga 40 juta ke atas sepasangnya.
            Dari tahap pendahuluan, teori dan studi. Memberikan banyak sekali masukan dalam ide pengembangan cincin ini selanjutnya. Yang mana kala saya tidak hanya member pertimbangan dari segi estetis saja, namun juga kenyamanan dalam pemakaiannya untuk kehidupan sehari –hari , sehingga dapat fleksible.
Positif:
  • ·         Tidak akan berkarat, warna akan putih berkilau kekal
  • ·         Tidak mudah bengkok dan tergores
  • ·         Tidak membutuhkan perawatan yang intensif seperti perhiasan emas atau perak
  • ·         Menunjukkan status social
  • ·         Kedua bahan baik platinum dan berlian akan selalu berkilau
  • ·         Cocok untuk segala jenis kulit
  • ·         Berguna untuk investasi

Negatif:
  • ·         Harganya yang tinggi tidak dapat terjangkau untuk konsumen berpenghasilan rendah
  • ·         Bahan platinum masih jarang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar